Tips Memilih Jenis Tas Kamera Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Jenis Tas Kamera Sesuai Kebutuhan

Untuk mengenang setiap momen indah yang terjadi dalam kehidupan, tentu kita selalu berusaha mengabadikannya melalui foto ataupun video. Seperti halnya ketika berkunjung ke suatu tempat yang indah ataupun diadakannya sebuah acara spesial.

Agar bisa mendapatkan hasil jepretan yang memukau, banyak orang yang rela merogoh kantongnya untuk membeli kamera dengan spesifikasi gahar. Dengan begitu, setiap momen terindah yang dilalui bisa terabadikan dengan apik melalui foto atau pun video.

Dalam penggunaan dan perawatannya, sering terjadi sang pengguna kurang hati-hati dalam memperlakukan kameranya. Banyak dari mereka yang sembarangan meletakan kamera di tempat yang bukan semestinya yang bisa mengakibatkan kerusakan karena hal tak terduga.

Tak hanya itu, ketika sudah selesai menggunakan, tak jarang para pengguna selalu cuek dan acuh terhadap keamanan kameranya. Agar kamera yang digunakan tidak mudah rusak dan lebih awet, harusnya para pengguna kamera lebih memperhatikan kameranya.

Salah satu hal yang kecil namun wajib dilakukan adalah menyediakan tas khusus untuk kamera. Dengan begitu, ketika kamera dibawa berpindah-pindah lokasi ataupun kondisi lingkungan sedang kurang baik, kamera bisa tetap aman di dalam tas khusus tersebut.

Perlu diperhatikan juga dalam pemilihan tas untuk kamera, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum memilih tas kamera yang tepat agar kamera yang dimiliki bisa lebih awet dan tahan lama.

Ada beberapa barang yang harus dibawa untuk mendukung kinerja kamera agar lebih baik seperti tripod, lensa, baterai, lampu flash dan kartu memori. Maka dari itu, pilihlah tas kamera yang sesuai dengan kebutuhan fotografi kamu.

Tips Memilih Jenis Tas Kamera Sesuai Kebutuhan

Hal utama yang diperhatikan yaitu adalah kualitanya. Selain itu, kamu mesti menentukan harus memilih tas kamera pasif atau tas kamera aktif.

Tas kamera pasif merupakan tas yang mengharuskan kamu untuk meluangkan waktu untuk membuka tas serta mempersiapkan seluruh peralatan yang dipakai. Tas kamera pasif selalu memiliki ukuran yang besar.

Untuk tas kamera aktif, kamu bisa menyiapkan kamera dengan lebih mudah sambil berdiri ataupun berjalan tanpa harus berhenti dahulu. Akan tetapi, ukuran dari tas ini lebih kecil dari pada tas kamera pasif.

Lalu apa saja sih, jenis tas kamera yang bisa digunakan?

1. Tas punggung

Jika memilih menggunakan tas punggung, sudah dipastikan kebutuhan yang diperlukan cukup banyak meliputi lensa, kamera, dan peralatan lainnya dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan membawa tas berisikan keperluan yang komplit, mobilitas fotografi akan tetap terjaga dengan baik. 

2. Roller Bags

Tas kamera model roller bags bisa disebut juga dengan koper. Jenis ini merupakan tas kamera pasif yang memiliki ruang penyimpanan cukup besar dibanding tas punggung.

Biasanya tas ini banyak digunakan oleh para fotografer profesional yang sedang mengerjakan suatu project karena memerlukan alat pendukung yang cukup banyak untuk menghasilkan jepretan yang memukau.

3. Shoulder Bags

Tas kamera ini merupakan tas kamera aktif. Jenis tas ini paling banyak digunakan oleh pengguna kamera karena mudah dibawa kemana-mana. Ketika akan mengambil kamera pun juga tidak ribet. Jadi ketika menemukan spot foto yang menarik, bisa cepat dalam mengambil gambar.

4. Sling Bags

Jenis tas kamera aktif lainnya yaitu ada tas sling bags. Tas ini lebih kecil dari pada shoulder bags, namun dalam penggunaannya, tas ini lebih simple dan tidak ribet.

5. Modular Systems

Dari segi ukuran, tas modular systems memiliki ukuran yang sedang. Bentuk dari tas ini cukup beragam, mengikuti kontur tubuh. Keunggulan dari tas ini adalah mobilitasnya yang maksimum dan mudah dalam mengakses kamera serta lensa yang dibawa.

Bagi para fotografer yang ingin lebih mudah dalam membawa peralatan fotografi namun tetap mendambakan mobilitas yang tinggi, tas kamera jenis modular system adalah pilihan yang tepat.

Nah, itulah beberapa tips dan rekomendasi jenis tas kamera yang bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan. Semoga bermanfaat!